Jumat, 30 Juni 2017

RESEP TRADISIONAL


Hi sobat sudah lama sekali saya tidak posting tulisan, kali ini saya coba posting resep jajanan pasar yang sudah banyak diposting di media sosial maupun di website. saya akan memposting resep sesuai dengan yang saya praktekan di dapur.

KELEPON

Jajanan pasar satu ini sangat banyak disukai banyak orang, selain rasanya yang manis dan gurih teksturnya juga kenyal-kenyal gimana ......

Bahan - Bahan :
1. Tepung beras ketan 500 gr (saya menggunakan tepung beras ketan Rose Brand)
2. Tepung tapioka atau kanji 5 sendok makan (saya menggunakan tepung tapioka Rose Brand)
3. Gula merah
4. Gula Pasir 1 sendok makan
5. Garam 1 sendok teh
6. Kelapa 
7. Daun pandan/pewarna makanan 2 sendok makan

Cara Membuat
1. Campurkan tepung beras ketan, tepung tapioka dan gula pasir
2. Karena saya pakai pewarna makanan, jadi saya larutkan pewarna makanan ekstrak pandan kedalam segelas air.
3. Tuangkan sedikit demi sedikit air yang sudah dicampurkan dengan pewarna makanan tersebut kedalam mangkuk yang berisi campuran tepung no. 1 , uleni sampai kalis dan sampai bisa dibentuk
4. Sambil membentuk adonan menjadi bulat - bulat, jangan lupa didihkan air kedalam panci untuk merebus adonan kelepon yang sudah dibentuk
5. Saat dibentuk adonan kleponnya jangan lupa diberi gula merah yang sudah di potong-potong kecil didalamnya.
6. Lalu rebus semua adonan yang sudah dibentuk, sambil merebus jangan lupa kukus kelapa dengan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar